pelajaran berharga ku DI HEMODIALISA

Jumat, 16 September 2011

Untuk pertama kalinya aku dines di ruang HEMODIALISA RSUD SUMEDANG ..seneng deeeh...
bangeet..bangeet...^_^
sedikit bercerita dengan apa yg aku ketahui tentang HD ...

HD  atau bahasa awamnya adalah cuci darah. Hemodialisa dilakukan kalau sudah terjadi gagal ginjal, sehingga ginjal sudah tidak mampu mengeluarkan zat-zat racun dalam tubuh. Namanya juga racun, pasti harus dikeluarin dong, kalau nggak ntar bisa ngerusak tubuh, orang tersebut bisa meninggal. Racun yang dimaksud salah satunya adalah urea, zat itu adalah hasil dari metabolisme protein yang jika kadarnya berlebih bs merusak otak sehingga terjadi penurunan kesadaran, koma, sampai meninggal. Hal berbahaya lain dari gagal ginjal adalah ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh, itu tuh semacam Natrium, Kalium, dll. Apa bahayanya? Buanyak buanget, bisa kejang, gangguan irama jantung, dll.

cara darah masuk ke mesinnya gimaana?
Diperlukan suatu cara agar darah bisa masuk ke mesin, hal ini disebut dengan “akses”. Akses yang dimaksud adalah pembuluh darah arteri (pembuluh darah yang bawa darah dari jantung ke seluruh tubuh) dan vena (pembuluh darah yang bawa darah dari seluruh tubuh ke jantung). Dibutuhkan 2 pembuluh darah itu untuk memasang 2 jarum, satu untuk mengalirkan darah menuju mesin, yang lainnya mengalirkan darah menuju tubuh. Arteri yang mau dipasangin infus harus cukup besar untuk masang jarum. Arteri yang biasa dipake adalah arteri femoralis, letaknya di pangkal paha. Kalau vena yang biasa di pake adalah vena mediana cubiti, letaknya di sisi dalam siku. Di dua tempat itulah yang akan dipasangain jarum beserta selang infusnya. Saat hemodialisa (kurang lebih 4 jam), pasien g boleh menggerakkan anggota badan yang sedang dipasangi jarum tersebut. Hal ini umumnya g nyaman buat pasien, pegel kan?? Tenang, ada cara lain yang lebih nyaman dalam proses hemodialisa, yaitu membuat fistula alias sambungan arteri dan vena di lengan. Normalnya, arteri di lengan itu kurang gede buat dipasangin jarum, nah dengan disambung ma vena, terjadi aliran balik sehingga dinding arteri dilengan bisa melebar. Dokter bedah akan membuat sayatan kecil di lengan dan menyambung 2 pembuluh darah, arteri dan vena..

apa yg terjadi saat dilakukan HD ?
Banyak orang merasa tak nyaman dan ragu-ragu saat-saat pertama dilakukan hemodialisa. Saat dilakukan hemodialisa sebenarnya pasien tidak akan merasakan apa-apa, beberapa orang akan merasa lelah setelah selesai dilakukan hemodialisa terutama bila baru beberapa kali hemodialisa. Setelah beberapa kali hemodialisa maka cairan yang berlebih dan racun dari tubuh akan berkurang, dan pasien akan merasa kembali bertenaga.

Beberapa hal yang sering dilakukan pemeriksaan oleh perawat hemodialisa adalah :
  • Akses dialysis
  • Semua jalur-jalur hemodialisa
  • Tekanan darah dan detak jantung
  • Mesin dialysis
  • Ginjal buatan
  • Cairan yang digunakan untuk proses hemodialisa
  • Keluhan yang anda rasakan selama proses hemodialisa
  • Saat-saat tertentu darah pasien akan diperiksa untuk melihat keadaan tubuh dan hasil terapi hemodialisa

Kadang saat menjalani hemodialisa, akan terdengar alarm mesin berbunyi, tetap tenang karena perawat akan memeriksa keadaan pasien.

O iyaah...apa pelajaran berharga yang aku dapat hari ini di hemodialisa??
Bahwa sehat itu nikmat, dan sakit itu mahal. Biaya sekali hemodialisa di rumah sakit umum pemerintah tu +600 ribu, biaya untuk operasi pembuatan fistula sekitar 4 jutaan. Pasien dengan gagal ginjal terminal, alias dah harus cuci darah rutin pada awalnya d haruskan cuci darah 2x/minggu…Kebayang kan berapa biaya yang harus dikeluarkan? Thx to asuransi yang ada dari pemerintah, kl dapet askes, jamkesmas or semacamnya,,pasien gak perlu bayar.

Soooo,,, kita harus menjaga agar tubuh kita tetap sehat, ginjal kita tetap sehat, gak mau kan hidup tergantung mesin seumur hidup?
Hal2 yang bisa menyebabkan gagal ginjal sehingga perlu dihemodialisis adalah
Peradangan kronik pada ginjal yang tidak di terapi dengan baik. Nha peradangan ini bisa karena infeksi bakteri maupun penyakit metabolic kayak diabetes mellitus
Zat-zat yang merupakan racun bagi ginjal (nephrotoksik) seperti obat2an golongan tertentu yang dipakai tanpa control *hmmm,,info aja, jamu oplosan yang beredar di masyarakat luas kebanyakan mengandung obat yang dosisnya dibuat asal2an, ini nih yang ngusak ginjal, so kalo sakit periksa ke dokter aja yaaaa…hehehe*
Minuman penambah stamina, semacam Kr*t*ngd***G,,dll. Sebenernya belum ada bukti ilmiah sih tentang opini ini, tapi kalau diminum tiap hari pa lagi 3x sehari menurut saya tetap berbahaya,,lebih baek olahraga, istirahat cukup n makan makanan organic aja biar bertenaga

Adalagi,,ada orang yang bilang, gemuk itu gpp, asal sehat. Menurut saya itu salah besar,, dimanapun obesitas alias kegemukan tetap menjadi faktor resiko penyakit2 metabolik semacam diabetes meliitus, hipertensi, penyakit jantung koroner, dll. So, punya berat badan ideal itu penting..!!

Oke, segitu aja infonya *padahal juga dah buanyak banget,,hehe*
Tetap sehat dan semangaaatttt…!!!! 

SAFE YOUR KIDNEYS.....^_^

0 komentar: